Sabtu, 08 Oktober 2011

Akibat Main Farm Ville dan Bolehkah Main Game



oleh Sukpandiar Idris Advokat As-salafy pada 09 Oktober 2011 jam 0:30
Seorang ibu muda yang baru berumur 22 tahun, Alexandra V. Tobias, yang berasal dari Jacksonville, Florida, USA, mengoncangkan anaknya yang baru berumur 3 bulan, Dylan Lee Edmondson sehingga maut.
Florida Times-Union melaporkan, Tobias bertindak sedemikian oleh kerana (Karena makdsudnya-Abu Hada) marah kepada bayi tersebut yang tidak berhenti-henti menangis ketika beliau sedang sibuk bermain dengan permainan dalam talian Farmville di laman Facebook. Ia mengganggu tumpuannya bermain Farmville.
Mengikut hukuman, beliau boleh dijatuhkan hukuman penjara sampai mati kerana kes membunuh.
Namun oleh kerana umur beliau yang masih muda, kemungkinan besar beliau akan dikenakan hukuman penjara antara 25 tahun hingga 50 tahun.sumber i luv islam.com
“Termasuk dari kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan apa-apa yang tidak penting baginya.”
(H.R.Tirmidzi dan yang lainnya)
Imam Nawawi rahimahullah menyatakan dalam kitab Al Arba’in bahwa hadits ini derajatnyahasan. Syaikh Salim Al Hilali menyatakan dalam buku “Shahih Al Adzkar wa Dhaifuhu” hadits inishahih lighairihi…  Kesimpulannya hadits ini benar adanya dari Rasulullah shallallhu ‘alaihi wa sallam.
Imam Ibnu Rajab rahimahullah (wafat tahun 795 H) mengatakan:
“Hadits ini merupakan fondasi yang sangat agung dari fondasi-fondasi adab”.
Beliau juga menyatakan pula tentang pengertian hadits ini:
“Sesungguhnya barangsiapa yang baik keislamannya, pasti ia meninggalkan ucapan dan perbuatan yang tidak penting baginya, ucapan dan perbuatan dia terbatas dalam hal yang penting baginya.” (Jami’ul Ulum wal Hikam)
Standar penting di sini bukan menurut rasa atau rasio kita yang tidak lepas dari pengaruh hawa nafsu, akan tetapi berdasarkan tuntunan syari’at Islam.
Termasuk meninggalkan ucapan dan perbuatan yang tidak penting adalah meninggalkan hal-hal yang haram, atau yang masih samar, atau sesuatu yang makruh, bahkan berlebihan dalam perkara-perkara yang mubah sekalipun apabila tidak dibutuhkan, termasuk kategori hal-hal yang tidak penting.

Dalam Farm Ville banyak hal haram , yaitu lukisan menyerupai ciptaan Allah berupa hewan dan manusia, menghayal, boros waktu. Alhamdulilah anak ana dah tidak lagi main game ini. Mohon yang mau ngajuin permintaan di farm ville gak ana layani, wong ana bukan yang main, dan anak serta isteri tak main lagi.

Sebenarnya game apa saja ,  termasuk yang mubah sekalipun akan berdampak melalaikan kita dari beramal sholih, bukankah kah kita di ciptakan oleh Allah ta'ala untuk beramal sholih!

Cikarang Barat,  12 Dzulqodah 1432 H/ 9 Oktober 2011 Jam.00. 30 WIB
Tukang Herbal, Cari Ilmu, n Advokat (0811195824), Melayani Seluruh Indonesia

blog-sukpandiaridrisadvokatassalafy.blogspot.com
Diposkan oleh blog sukpandiar Idris Advokat Assalafy di 10:29 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar