Senin, 12 September 2011

Tidak Sholat Subuh Karena Lupa


Tidak Sholat Subuh Karena terlalu Lelah

oleh Sukpandiar Idris Advokat Assalafy pada 13 September 2011 jam 0:35
Syaikh Utsaimin ditanya tentang seorang pemuda yang baik, akan tetapi banyak mengalami kelelahan dalam pekerjaannya, sehingga dia tidak bisa menjalankan sholat subuh pada waktunya ( tidak tepat waktu-SI), karena terlalu lelah dan capek?

Jawab:

Wajib Atasnya meninggalkan pekerjaan yang menyebabkan dia terlambat sholat subuh. Karena wasilah ( sarana) memilki hukum hukum sesuai denagn tujuannya. Jika dia mengetahui kalau ia meninggalkan pekerjaan berat bisa melakukan sholat subuh, maka wajib baginya tidak bekerja yang berat-berat, sehingga dia bisa sholat subuh pada waktunya bersama umat Islam.(Fatawa Ibnu Utsaimin 12/122).

Komentar Abu Hada

Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)
Jundab bin Abdillah Al-Qasri berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ
“Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163), kiranya ke 2 hadits di atas telah mencukupi sebagai motivasi untuk mementingkan kewajiban kepada Allah ta'ala daripada sibuk dengan urusan dunia. Walaupun urusan dunia tidak boleh juga di abaikan.

Cikarang Barat, 14 Syawal 1432 H/ 13 September 2011 Jam 00.35 WIB
Tukang Herbal, Cari Ilmu, n Advokat (0811195824)

blog-sukpandiaridrisadvokatassalafy.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar