Jumat, 09 September 2011

Kiat Menghindari Zina


Kiat Menghindari Zina

oleh Sukpandiar Idris Advokat Assalafy pada 10 September 2011 jam 0:40
Ada seorang pemuda yang profesinya sebagai penjual pakaian. Dengan dipanggul di atas punggungnya, dia jajakan dagangannya itu dari rumah ke rumah. Orang-orang menyebut dagangannya dengan faraqna. Pedagang kain keliling ini lurus perilakunya, tampan pula rupanya. Siapapun perempuan yang memandangnya, akan terpikat padanya, karena karunia yang diberikan Allah padanya berupa keelokan dan ketampanan wajahnya yang melebihi rata-rata.
Suatu saat, ketika pemuda itu menawarkan jualannya dengan suaranya yang nyaring di jalan dan gang-gang sempit dari rumah ke rumah, tiba-tiba seorang wanita melihatnya, seraya memanggilnya. Si pemuda mendatangi panggilan itu, dan wanita tersebut segera memerintahkan sang penjaja pakaian agar masuk ke dalam rumahnya.
Ternyata wanita itu kagum berat dan jatuh cinta luar biasa padanya, seraya berujar: “Sebetulnya saya memanggilmu bukan hendak membeli daganganmu, tapi untuk meluapkan kasmaran saya padamu.” Sementara dalam rumah itu hanya dia seorang diri. Ketika wanita itu memanggil ia agar mendekat kepadanya, pemuda itu segera mengingatkannya agar ingat kepada Allah dan takut akan siksaan-Nya yang begitu pedih. Tapi peringatan pemuda itu tak lebih hanya sebuah angin lalu, bahkan kecintaan wanita itu justru makin menggebu. Orang memang senang dengan apa yang dilarang.
Begitu si wanita melihat sang pemuda mencegah diri dari perbuatan haram, wanita itu mengancam: “Kalau engkau tidak mau mengikuti apa yang saya perintahkan, saya akan berteriak pada semua orang dan saya bilang pada mereka bahwa kamu masuk ke dalam rumah saya hendak merampas kesucian saya, pasti mereka membenarkan kata-kata saya. Karena kamu sudah berada di dalam rumah saya.”
Ketika pemuda itu melihat si wanita bersikukuh untuk berbuat dosa, membuat masalah dan mencari gara-gara, ia berkata: “Bolehkah saya masuk ke kamar mandi untuk bersuci?” Wanita itu senang bukan kepalang dengan apa yang dikatakan pemuda itu. Dia menduga bahwa pemuda itu telah mengabulkan apa yang dia minta. “Mengapa tidak, wahai kekasih dan permata hatiku. Ini suatu gagasan yang cemerlang.” ucap wanita itu menanggapi permintaan sang pemuda.
Ketika pemuda itu masuk ke kamar mandi, tubuhnya menggigil saking takut dan cemasnya bila terjerembab dalam lumpur kemaksiatan. Sementara wanita adalah jeratan syaitan, dan tidaklah dua orang pria wanita bersembunyi kecuali yang ketiganya adalah syaitan. “Ya Ilahi, apa yang harus saya lakukan… Tunjukkanlah aku, wahai Sang Penunjuk bagi orang-orang yang kebingungan (Allah),” pekik suara hati pemuda itu, berdoa.
Ketika pemuda itu dihantui oleh kegalauan, tiba-tiba terbetik dalam benaknya akan suatu pemikiran, seraya berucap: “Saya tahu betul kalau sebagian dari sifat orang yang akan memperoleh naungan Allah ketika tak ada naungan kecuali naungan-Nya adalah seseorang yang manakala diseru oleh wanita yang berparas cantik dan punya kedudukan, dia berucap “Sesungguhnya aku takut kepada Allah.” Saya juga tahu persis bahwa orang yang meninggalkan sesuatu karena Allah, maka Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik darinya. Nafsu syahwat juga seringkali mewariskan penyesalan seumur hidup, dan tidak ada yang dapat kupetik dari kemaksiatan selain Allah akan menghilangkan cahaya dan kelezatan iman dari hatiku. Tidak! Tidak! Saya tak akan pernah melakukan yang haram. Tapi… tapi apa yang harus saya lakukan…? Apa saya melemparkan diri dari jendela? Oh! Juga tidak bisa, karena jendela terkunci rapat, dan sangat sulit sekali membukanya. Jadi bagaimana… atau… bagaimana kalau kulumuri saja tubuhku ini dengan kekotoran?! Barangkali ketika dia melihat saya dalam keadaan lumat oleh tinja itu, dia meninggalkan saya dan membiarkan saya pergi.” Ternyata ide terakhir ini betul-betul ia lakukan, suatu cara yang sebenarnya jiwanya meronta dan ia sendiri jijik. Penyelesaian ini, sungguh di luar keinginannya.
Ketika tubuhnya sudah penuh dengan kekotoran, air matanya meleleh, seraya berucap: “Ilahi ya Rabbi, hanya karena ketakutan pada-Mu saja hamba mau melakukan ini. Gantilah untukku dengan sesuatu yang lebih baik.”
Kemudian pemuda itu keluar dari kamar mandi, dan selah wanita itu mekihatnya, ia langsung berteriak: “Enyahlah kau, hai orang gila…!” Dan pemuda itu pun segera keluar, takut kalau ada orang yang mendekat. Bila mereka tahu, apa yang bakal mereka katakan tentang dirinya.
Dia ambil barang dagangannya, dan dia segera melesat pulang. Orang-orang yang berpapasan dengannya di jalan menertawakannya, dan dia terus melaju. Setelah sampai di rumahnya, baru dia bisa bernafas lega. Dengan tangkas ia tanggalkan pakaiannya, lantas masuk ke kamar mandi, dan pemuda itu pun mandi dengan sangat bersih.
Kemudian, apakah Allah membiarkan hamba dan kekasih-Nya begitu saja? Tidak, wahai orang-orang yang kucintai. Ketika pemuda itu keluar dari kamar mandi, Allah memberinya ganti karunia agung yang terus-menerus melekat di tubuhnya sampai meninggal, bahkan setelah dia wafat. Allah menganugerahinya wewangian yang harum semerbak dan suci yang keluar dari tubuhnya. Dari jarak beberapa meter saja orang sudah dapat menghirup aromanya. Maka pemuda inipun dijuluki dengan “Si Miski (si Aroma Kastur almisky- SI). sumber " Kisah-kisah yang Berhikmah," By Manshur al'Iwaji 2005.
Komentar SI

Tentu saja kiat di atas adalah salah satu cara untuk menghidari Zina. Kiat lain adalah dengan meningkatkan iman yakni , iman bertambah jika berbuat ketaata, dab berkurang dengan kemaksiatan.Abdullah bin Ahmad dalam as-Sunnah menukil dari Waqi, bahwa iman itu bertambah dan berkurang. (Hadits ini dikeluarkan oleh al-Bukhari (5/1543/no: 2475) tentang kezhaliman bab: Pengambilan barang tanpa izin pemiliknya; dan Muslim Syarah an-Nawawi (2/41/no: 57) iman bab: Penjelasan berkurangnya keimanan karena maksiat. Keduanya meriwayatkan dari hadits Abu Hurairah secara marfu')

“Dan barang siapa yang taat kepada Allah dan rasul-Nya dan takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, maka mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan”.                  [QS. An-Nur (24) : 52]


Cikarang Barat, 11 Syawal 1432 H/ 12 September 2011 Jam .00.40. WIB
Tukang Herbal, Cari Ilmu, n Advokat (0811195824)

blog-sukpandiaridrisadvokatassalafy.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar