Rabu, 02 November 2011

QUrban Kerbau = Sapi?


Kurban Kerbau = Sapi?

oleh Sukpandiar Idris Advokat As-salafy pada 03 November 2011 jam 0:27
Domba dan kambing, meskipun sama-sama small ruminants , akan tetapi jika untuk qurban beda usia minimal untuk di jadikan hewan qurban, Domba minimal 6 bulan, Kambing 1 tahun.HR.Muslim.

Lalau bagaimana antara Sapi dan Kerbau?

Para ulama’ menyamakan kerbau dengan sapi dalam berbagai hukum dan keduanya disikapi sebagai satu jenis (Mausu’ah Fiqhiyah Quwaithiyah 2/2975). Ada beberapa ulama yang secara tegas membolehkan berqurban dengan kerbau, dari kalangan Syafi’iyah (lih. Hasyiyah Al Bajirami) maupun dari Hanafiyah (lih. Al ‘Inayah Syarh Hidayah 14/192 dan Fathul Qodir 22/106). Mereka menganggap keduanya satu jenis.
Syaikh Ibn Al Utasimin pernah ditanya tentang hukum qurban dengan kerbau.
Pertanyaan:
“Kerbau dan sapi memiliki perbedaan dalam banyak sifat sebagaimana kambing dengan domba. Namun Allah telah merinci penyebutan kambing dengan domba tetapi tidak merinci penyebutan kerbau dengan sapi, sebagaimana disebutkan dalam surat Al An’am 143.( Baca pula al-an'am: 142 nya ada yang untukdi sembelih dan mengangkut beban-AH), cuma Apakah boleh berqurban dengan kerbau?”
Beliau menjawab:
“Jika hakekat kerbau termasuk sapi maka kerbau sebagaimana sapi namun jika tidak maka (jenis hewan) yang Allah sebut dalam alqur’an adalah jenis hewan yang dikenal orang arab, sedangkan kerbau tidak termasuk hewan yang dikenal orang arab.” (Liqa’ Babil Maftuh 200/27- dan berbagaisumber lainnya)

Komentar AH
Kerbau diperkenalkan di Afrika Utara dan Timur Tengah pada sekitar tahun 600 Masehi( Sumber : Wikipedia.com). Sedangkan Masa Hidup Rosulullah shallallahu 'alaihi wasallam hidup pada tahun 570 Masehi- 632 Masehi, Jadi sebenarnya , Kerbau telah di kenal pada zaman Rosulullah shallallahu 'alai wasallam. Jika di syariatkan sebagai hewan qurban, tentu saja Rosulullah telah memasukkannya sebagai hewan qurban, namun kenyataann tidak.Demikian pula ijma' para sahabat, ana yang dhoif ini belum menemukan bahqa Sapi bisa di gantikan dengan Kerbau sebagai hewan qurban. Wallallahu 'alam.

Bovinae adalah sebuah subfamili dari famili Bovidae yang mencakup berbagai kelompok tersebar di 10 genus hewan berkuku jari berukuran medium hingga besar, termasuk sapi domestik, bison, kerbau air, yak, dan antelope.sumber Wikipedia.com.
Pertanyaannya selanjutnya jika domba  dan kambing tegas ada sunnahnya untuk di kurbankan  yakni dari sisi umur, domba umur 6 bulan sudah mencukupi, sedangkan kambing minimal 1 tahun ( domba dan Kambing satu famili- seperti halnya Sapi dan Kerbau-SI)

Sapi minimal 2 tahun, bagaimanakah dengan kerbau, tidak ditemukan dalam Quran dan assunnah, ( baca lagi note ana-abu hada kemarin) . Maka untuk berhati-hati maka kerbau tidak bisa disamakan dengan sapi sebagai hewan kurban.Wallallahu 'alam.

Cikarang Barat,  7 Dzulhijjah  1432 H/ 3 November 2011 Jam.00.27  WIB
Tukang Herbal/ Bekam, Cari Ilmu, n Advokat (0811195824), Melayani Seluruh Indonesia


Sukpandiar Idris Advokat as-salafy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar