Kamis, 10 November 2011

Di Larang Mencela Angin


Di Larang Mencela Angin

oleh Sukpandiar Idris Advokat As-salafy pada 10 November 2011 jam 0:30
Musim hujan telah tiba. Biasanya angin pun bertiup kencang. Terkadang sadar atau tidak, masih banyak di antara muslim mencela angin!.Bolehkah?

Janganlah kalian mencaci angin, apabila kalian melihat apa yang tidak kalian sukai maka ucapkanlah: ‘Ya Allah aku meminta kepadaMu kebaikan angin ini, dan kebaikan apa yang ada di dalamnya serta kebaikan dari apa yang diperintahkan kepadanya; dan aku berlindung kepadaMu dari keburukan angin ini, dan keburukan dari apa yang dibawanya serta keburukan dari apa yang diperintahkan kepadanya.”(HR Tirmidzi dalam Al-Jami’ no. 2253. Ia berkata; “Hadits ini hasan shohih)
Assabbu maknanya adalah mencaci, melaknat, mencela atau yang serupa dengannya. Mencela angin dilarang karena dia adalah makhluk Allah. Dan mencela makhluk berarti mencela pencipta makhluk itu(Allah).
Hadits diatas menujukkan bahwasannya apabila kita melihat sesuatu  yang tidak kita sukai dari angin yang menakutkan maka maka kita kembalikan kepada Robb kita dengan mentauhidkan-Nya. (Fathul Majid, Syaikh Abdurraman bin Hasan  Alus-Syaikh, hal 559).
"DOA KETIKA ADA ANGIN KENCANG"

Menurut hadits 'Aisyah dikatakan bahwa apabila ada angin kencang berhembus Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berdoa sebagai berikut:

"Allahumma inni asaluka khairaha wakhaira maa fiiha wakhaira maa arsalatbih wa 'audzubika ming syarriha wasyarri maa fiiha wasyarri maa arsalatbih"
artinya: Ya Allah! Ya Tuhanku, sesungguhnya aku meninta kepada-Mu akan kebaikan angin ini dan kebaikan apa yang terkandung di dalamnya, serta kebaikan apa yang dilepasnya, dan aku minta perlindungan kepada-Mu dari kejelekan angin ini dan kejelekan apa yang terkandung di dalamnya serta kejelekan apa yang dilepasnya. [HR. Muslim]


Terkadang didalam berhembusnya angin terdapat kebaikan dan terkadang pula terdapat keburukan. Yaitu terkadang dia membawa angin kencang yang bisa menumbangkan pepohonan, merobohkan rumah-rumah, dan membawa badai yang bisa menumpahkan air laut. Dan terkadang juga dia membawa angin yang tenang, udara yang sejuk, dan membuat orang lebih bersemangat dalam bekerja. (Al-Qoulul Mufid, Syaikh Muhammad bin Shalih  Al-Utsaimin, 3/140-141)
Kebaikan apa yang diperintahkan kepadanya yaitu seperti dia menerbangkan awan kemudian menurunkan hujan  sesuai yang dikehendaki oleh  Allah. Adapun keburukan yang diperintahkan kepadanya adalah dia mampu membinasakan suatu kaum sebagaimana disebutkan dalam surat Al- Ahqaf 25:
“Yang menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Tuhannya, Maka jadilah mereka tidak ada yang kelihatan lagi kecuali (bekas-bekas) tempat tinggal mereka. Demikianlah kami memberi balasan kepada kaum yang berdosa”.
Dia juga bisa menghancurkan tanaman dan jalan, itu semua terjadi adalah mengandung hikmah yang besar.
Perintah disini adalah perintah perintah yang hakiki, semua makhluk tunduk kepad perintah Allah sebagaimana FirmanNya dalam surat Fussilat 11
“Kemudian dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu dia Berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati”.
Beberapa faidah yang bias kita petik dari pembahasan adalah :
1. Larangan mencaci angin, berarti mencaci Allah ta'ala ( Penciptyanya-AH), larangan disini adalah larangan yang hukumnya haram, karena mencacinya berarti mencaci yang mengutusnya.Sama dengan Tauhidnya telah rusak!
2. Disunnahkan  untuk mengucapkan perkataan yang bermanfaat apabila seseorang melihat sesuatu yang dibencinya, sebagaimana dianjurkan untuk membaca doa diatas.
3. Di Sunnahkan Untuk berdoa
4. Dalam hadits di atas juga menunjukkan bahwa angin itu juga diperintah oleh Allah dan karena ia yang menciptakannya-AH..
5. Bahwa terkadang angin diperintahkan dengan membawa kebaikan (Angin semilir- Angin untuk penyerbukan tumbuhan-AH)dan terkadang diperintahkan dengan membawa keburukan ( Angin Puting beliung, angin topan dll-SI).
Kesimpulannya, bahwasannya tidak diperbolehkan bagi manusia menyalahkan takdir Allah dan yang Menciptakannya, dan mencacinya, dan wajib bagi kita untuk berserah diri kepada takdir kauni-Nya sebagaimana kita berserah diri kepada takdir syar’i-Nya, karena makhluk-makhluk itu tidak melakukan sesuatu kecuali atas perintah Allah.

Cikarang Barat,  14 Dzulhijjah  1432 H/ 9 November 2011 Jam.00.30 WIB
Tukang Herbal/ Bekam, Cari Ilmu, n Advokat (0811195824), Melayani Seluruh Indonesia

blog-sukpandiaridrisadvokatassalafy.blogspot.com
Diposkan oleh blog sukpandiar Idris Advokat Assalafy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar