Minggu, 15 April 2012

Jangan Mau di tertawakan Syetan


Jangan mau di tertawakan oleh Syetan

oleh Sukpandiar Idris Advokat As-salafy pada 14 April 2012 pukul 0:07 ·
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,
“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan benci terhadap menguap. Maka apabila ia bersin, hendaklah ia memuji Allah (dengan mengucapkan ‘Alhamdullillah’). Dan merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mendengarnya untuk mendoakannya. Adapun menguap, maka ia berasal dari syetan. Hendaklah setiap muslim berusaha untuk menahannya sebisa mungkin, dan apabila mengeluarkan suara ‘ha’maka saat itu syetan menertawakannya.” (HR.Al- Bukhari)

Allah membenci menguap karena menguap adalah aktivitas yang membuat seseorang karena banyak makan/berlebihan , demikian Imam An-Nawawi berkata dalam Syarah an-Nawawi 'ala Muslim, yang pada akhirnya membawa pada kemalasan dalam beribadah. Menguap adalah perbuatan yang dibenci oleh Allah, terlebih-lebih ketika pada waktu shalat. Para Nabi tidak pernah menguap, dikarenakan menguap adalah salah satu aktivitas yang dibenci oleh Allah.

“Menguap adalah dari syetan, maka jika salah seorang di antara kalian menguap, hendaklah ia menahannya sedapat mungkin.” (HR Muslim) Ketika seseorang ingin menguap hendaknya ia menutup mulutnya dengan tangan kiri, karena menguap adalah salah satu perbuatan yang buruk.

Bid'ah seputar Menguap

Banyak kaum muslim ketika menguap dengan ber ta'awwudz ( a'udzu billahiminasy syaithonirr rojim-AH), ketahuilah ini tak ada keterangan sama sekali dari al-Quran dan As-Sunnah. Tapi ini kan baik, tolok ukur baik adalah dengan timbangan Quran dan Sunnah yang shahih.Bukan yang lain

Cikarang Barat ,22 Jumadil Awwal 1433 H, 14 April 2012 Jam 00.07 WIB
AH-Tukang Bekam, Herbal dan Advokat, CP 0811 195824

1 komentar: